Wednesday 1 June 2016

ALQURAN DAN ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI

Al-Qur’an dan IPTEK
Ilmu dari sisi Allah SWT
kema penyederhanaan alur penurunan ilmu dari sisi Allah SWT kepada manusia
Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan dalam Islam
Sumber-sumber pengetahuan berdasarkan urutan kebenarannya sebagai berikut :
  1. Al-qur’an dan As-sunnah
Allah SWT telah memerintahkan hamba-Nya untuk menjadikan Al-qur’an dan As-sunnah sebaga sumber pertama ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan keduanya langsung dari sisi Allah SWT dan dalam pengawasannya. Kewajiban mengambil ilmu dari keduanya disampaikan Allah SWT melalui berbagai perintah untuk memikirkan ayat-ayat-Nya (Q.S. 12: 1-3), dan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin dalam segala hal. (Q.S. 33: 21).
  1. Alam Semesta
Allah SWT telah memerintahkan manusia untuk memikirkan alam semesta (Q.S. 3: 190-192), dan mengambil berbagai hukum serta manfaat darinya. Beberapa ayat-ayat yang telah dibuktikan oleh pengetahuan modern :
  1. Ayat tentang asal mula alam semesta dari kabut atau nebula.(Q.S. 41: 11)
  2. Ayat tentang revolusi bumi mengedari matahari. (Q.S. 27: 88)
  3. Ayat tentang jenis-jenis awan, proses penciptaan hujan es dan salju. (Q.S. 24: 43)
  4. Ayat tentang bahwa awal kehidupan berawal dari air. (Q.S. 21: 30)
  5. Ayat tentang proses penciptaan manusia melalui mani (nutfah)       zygote yang melekat (‘alaqah)    segumpal daging: embryo (mudghah)      dibungkus oleh tulang di dalam misenhyme (‘idhama)        tulang tersebut dibalut oleh otot dan daging (lahma). (Q.S. 23: 14)
  6. Diri Manusia
Allah SWT memerintahkan agar manusia memperhatikan tentang proses penciptannya, baik secara fisiologis (Q.S. 86: 5), maupun psikologis: jiwa manusia tersebut (Q.S. 91: 7-10)
  1. Sejarah
Allah SWT memerintahkan manusia agar melihat kebenaran wahyu-Nya melalui lembar-lembar sejarah. (Q.S. 12: 111) jika manusia masih ragu akan kebenaran wahyu-Nya, dan masih ragu akan datangnya hari pembalasan, maka perhatikanlah kaum Nuh, Hud, Shalih, Firaun, dsb. Yang kesemuanya keberadaannya dibenarkan dalam sejarah hingga saat ini.
Arah Pengembangan Ilmu
  1. Bahwa ilmu pengetahuan yang dipelajari tersebut haruslah ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. (Q.S. 22: 65, 16: 14, 14: 32-34)
  2. Bahwa ilmu pengetahuan yang dipelajari tersebut haruslah tidak menimbulkan kerusakan, baik pada diri sendiri, maupun orang lain dan alam semesta ini.(Q.S. 7: 56)
  3. Bahwa ilmu pengetahuan yang dipelajari tersebut haruslah tidak ada pemisahan: sekularisasi ilmu yang bertujuan mengotak-ngotakkan antara ilmu dengan agama, sehingga di dalam islam tidak dikenal adanya ilmu untuk ilmu, atau seni untuk seni, sehingga bebas dari aturan-aturan dan norma-norma agama. Semua ilmu, seni, politik, hukum dan semua aspek kehidupan seorang muslim tidak bisa dan tidak boleh lepas dari tatanan yang telah digariskan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. (Q.S. 4: 65)
Tanda-Tanda Ilmuwan Muslim (Ulil Albab)
  1. Bersungguh-sungguh belajar. (Q.S. 3: 7)
  2. Berpihak pada kebenaran. (Q.S. 5: 100)
  3. Kritis dalam belajar. (Q.S. 39: 18)
  4. Menyampaikan ilmu. (Q.S. 14: 52)
  5. Sangat takut kepada Allah SWT. (Q.S. 65: 10)
  6. Bangun di waktu malam. (Q.S. 39: 9)
Download – 1. Alqur_an dan IPTEK

No comments:

Post a Comment